Arfan Hidayat Priyantono

Selasa, 29 Maret 2022

Game Engine Dan Scene Graph




Game Engine Dan Scene Graph 

(Ogre3D, Processing, Game Maker, Unity 3D)


GAME ENGINE 

Game engine merupakan sistem dari software yang dirancang untuk menciptakan dan untuk pengembangan video game. Banyak yang dirancang dalam game engine untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi di antaranya yaitu windows, linux dan mac os. 


Dalam game engine memiliki development tools dengan tampilan visual sehingga tools tersebut dapat melakukan kembali untuk mengembangkan game lain. Dengan memakai game engine dalam pengembangan akan menjadi lebih cepat dan mengurangi biaya serta meminimalisir tingkat kerumitan. 


Game engine juga dapat diartikan sebagai sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan video game dengan tampilan dalam bentuk 3D secara real time. Di dalam game engine terdapat fungsi-fungsi dasar diantaranya yaitu rendering 2D ataupun 3D, pengatur audio, pengatur dan penampilan animasi, physics engine, scripting, pengaturan grafis, networking dan streaming data dan pengaturan memori.


SCENE GRAPH 

Scene Graph merupakan teknik pengelolaan data atau struktur data umum yang biasa dimanfaatkan oleh aplikasi rekayasa grafis berbasis vektor dan tiga dimensi dalam hal keperluan video game dengan memakai konsep graf berarah dan pohon m-ary. Pengertian singkat dari scene graph yaitu bahwa scene graph dapat menyusun atau mengatur logika daru satu adegan dengan adegan bergambar lainnya.


Pada setiap simpul yang terdapat didalam satu scene graph memiliki sebuah aksi yang harus untuk dilakukan sebelum alur berlanjut pada simpulan anaknya. Hal tersebutlah yang membedakan scene graph dengan graf biasa. Adapun beberapa program yang menggunakan scene graph diantaranya yaitu VRML 97, X3D, AutoCad, Adobe Ilustrator, Corel Draw, Acrobat 3D, Open Scene Graph dan Open SG, cara kerja aplikasi tersebut pada dasarnya yaitu untuk mengolah berbagai data yang ada seperti vektor, gambar, suara dan koordinat posisi, sehingga dapat ditampilkan menjadi bentuk model tiga dimensi yang interaktif dan real time.


Scene graph juga dapat berguna untuk mempresentasikan rotasi, translasi dan pengaturan skala dari suatu objek dengan objek yang lainnya. Contohnya yaitu dalam suatu komponen objek ketika ingin memindahkan komponen tersebut sesuai dengan grafik dan graph untuk memposisikannya dengan benar, hal tersebut dapat membuat perhitungan seperti itu akan lebih mudah. 


Berikut Pengertian dari Bentuk game engine di antaranya Ogre3D, Processing, Game Maker, Unity 3D

Ogre3D

Ogre3D (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan 3D engine yang memiliki sifat fleksibel yang dibuat dengan menggunakan bahasa C++. Ogre3D di desain untuk memudahkan para pengembang atau developer dalam membuat suatu produk dalam bentuk 3D. Dalam Ogre3D terdapat fitur-fitur diantaranya yaitu desain yang memiliki objek oriented dengan memakai plugin yang berfungsi untuk mempermudah dalam menginput fitur lainnya dan memiliki tools untuk 3D modeler seperti 3D studio max, maya dan blender.




Processing

Processing merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source yang dapat digunakan untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Processing dapat dimanfaatkan juga untuk memberikan ajaran dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan dapat berfungsi sebagai storyboard perangkat lunak dan alat produksi profesional.


Game Maker

Game Maker merupakan perangkat lunak yang membantu user menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding sebab game maker menggunakan konsep visual coding interface yang berbasis drag and drop sehingga bagi pemula sangat cocok. Game maker dapat digunakan untuk membuat tiga dimensi dan untuk membuat game dua dimensi.


Unity 3D

Unity 3D merupakan suatu program yang memiliki sebuah Integrated Development Environment yang terintegrasi untuk membuat game,  arsitektur bangunan dan simulasi. Unity 3D menggunakan tiga bahasa pemrograman yaitu JavaScript, C# dan Boo. Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling karena unity bukan tool untuk mendesain

Be First to Post Comment !
Posting Komentar